Bertamulah ke Rumahku



Bagaimana sikapmu jika  ada tamu datang ke rumahmu dan saat itu kamu sedang sibuk dengan suatu urusan rumah dan sang tamu-pun  juga tidak memberi kabar untuk datang sebelumnya ? Mungkin kamu akan malas dan enggan untuk menerimanya. Baiknya kamu membaca tulisan ini, semoga sikapmu akan berubah. 
Diriwayatkan ada seorang laki-laki yang senang bila rumahnya kedatangan tamu. Namun isterinya kerap menunjukkan sikap sebaliknya. Setiap kali sang suami kedatangan tamu ke rumahnya, isterinya menunjukkan sikap yang tidak baik. Sehingga si suami mengeluhkan keadaan ini kepada Rasulullah saw.
Mendengar itu Rasulullah saw bersabda, "Katakan kepada isterimu, hari ini Rasulullah saw dan beberapa orang sahabatnya akan bertamu ke rumah kita." Rasulullah saw berpesan kepada orang tersebut, "Katakan kepada isterimu supaya ia memperhatikan tamu pada saat keluar rumahnya nanti."

Isteri laki-laki itu melakukan apa yang diperintahkan Rasulullah saw. Pada saat para tamu masuk, ia melihat mereka membawa daging dan buah-buahan yang banyak dan pada saat keluar mereka membawa keluar ular dan kala jengking yang begitu banyak.
Rasulullah saw bersabda, "KEDATANGAN TAMU ke rumah MENDATANGKAN KARUNIA YANG BANYAK ke dalam rumah dan PADA SAAT PERGI, MEREKA MEMBAWA KELUAR BERBAGAI PETAKA."
Dengan menyaksikan hal itu, wanita itu pun berubah menjadi orang yang suka menerima tamu.
Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya seorang tamu yang datang mengunjungi seseorang, membawa rezeki untuk orang tersebut dari langit. Apabila ia memakan sesuatu, Allah swt akan mengampuni penghuni rumah yang dikunjungi tersebut."
Dalam kesempatan lain, Rasulullah saw bersabda, "Setiap rumah yang tidak dikunjungi tamu, maka malaikat-pun tidak akan mengunjungi rumah tersebut."
Imam Jaafar ash-Sadiq ra berkata,
"Barangsiapa mengunjungi sahabatnya semata-mata karena Allah, niscaya Allah swt mengutus 70 ribu malaikat membersamainya."
Para malaikat itu berkata, "Syurga untuk kamu."
Sesungguhnya beruntunglah rumah-rumah yang sering kedatangan tamu, maka dari itu janganlah mengeluh jika ada orang yang ingin bertamu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bertamulah ke Rumahku "

Post a Comment