GARIS TERMINATOR, APAKAH BENAR NYATA DAN JELAS ?

Perguliran malam dan siang, adalah fenomena alam yang selalu kita saksikan setiap hari. Gelapnya bumi perlahan-lahan merayap menjadi terang dan benderang lalu dengan perlahan-lahan  kembali menjadi gelap.  Yang membuat manusia penasaran adakah bagian dari bumi ini yang menampakkan garis siang terang dan malam gelap dengan sangat nyata, istilahnya nampak garis terminator ( garis abu-abu) ? 

Belum lama jagad maya digegerkan dengan foto penampakan adanya garis terminator di postingan akun instagram @dunia.unik . Gambar yang menyajikan adanya garis terminator yang sangat nyata, suatu pemandangan yang luar biasa. Memperlihatkan Samudra Atlantik Utara  yang terang benderang berdampingan dengan malam gelap  yang terjadi di atas Skandinavia, Perancis, Spanyol, Pantai Gading. Wooow ...

Banyak yang mensangsikan kebenaran foto tersebut dan yakin itu adalah foto rekayasa. Foto mengagumkan sangat pas untuk konsumsi manusia yang penasaran dengan adanya garis terminator. Kalau bisa manusia ingin jika dia membentangkan kedua tangannya, tangan kanan gelap dan tangan kiri terang ...hihihiii :) .

Dengan bentuk planet bumi yang bulat, maka ketika matahari terbit di satu bagian bumi, masih ada bagian bumi lain yang tidak segera mendapat cahaya matahari. Akibatnya satu sisi bumi sudah memperlihatkan tanda-tanda siang hari, sedangkan sisi lain masih dalam tanda-tanda malam hari.

Posisi diantara yang bertepatan ditengah-tengan kedua sisi siang dan sisi malam akan menampakan sebuah garis sangat halus. Inilah yang disebut garis terminator. Penampakannya sangat halus bagikan gradien tidak nampak nyata gelap pekat dan terang benderang.


Seorang astronot Nasa Christina Koch menunjukan seperti apa wujud dari garis terminator sesungguhnya. Memperlihatkan awan tinggi berwarna pastel hangat oleh matahari yang mulai terbenam. Cahaya berangsur-angsur memudar di sepanjang kelengkungan Bumi, sampai gelap gulita di sisi malam

Ini membuktikan firman Allah dalam Qur'an surat Al Isra' ayat 12 

وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ ۖ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِتَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا

"Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas." (Al-Isra: 12)

Sangat menarik untuk kita renungkan ayat kauniyah 'pergantian malam dan siang' tersebut, sebagai sebagai bukti tanda kemaha besaran ciptaan Allah. Semoga dengan mentadabburi ayat ini kita akan semakin tertunduk dihadapan Rabb. Yuuk !

- Dalam ayat tersebut, Allah lebih dahulu menyebut malam lalu siang, sedangkan kita manusia terbiasa menyebutnya Siang lebih dahulu kemudian Malam. Padahal awal kehidupan itu dimulai dari kegelapan  yaitu tenggelamnya matahari, masuk Magrib kita mulai masuk hari yang baru. Di hari yang baru manusia dimatikan sejenak oleh Allah dengan tidur di malam hari, merefresh tubuh, mengistirahatkan organ-organ tubuh, meredam emosi jiwa. Dengan tidur diri kita di RESET oleh Allah.

-  "... lalu Kami hapus tanda malam dan kami jadikan siang itu terang ..."
Bermakna pergantian malam dan siang secara sunnatullah/hukum alam terjadi perlahan-lahan tidak tiba-tiba dan tergesa-gesa. Malam pekat gelap gulita perlahan hitamnya memudar, merambat menuju fajar sedikit demi sedikit nampak segaris cahaya putih dan perlahan merambat naik warna  cahaya putih  dan suhunya pun turut naik,  membuat manusia bergairah untuk beraktifitas.

- Fenomena alam ini untuk mengingatkan manusia walau manusia mempunyai sifat tergesa-gesa ( baca ayat sebelumnya Al Isra ayat 11) dia harus mampu mengendalikan sifat ketergesaannya, istilahnya pengendalian diri. Allah mencontohkan dalam fenomena pergantian malam dan siang, tidak ada ketergesaan, prosesnya terjadi perlahan natural namun pasti terus merayap menuju terang .

- Pelajaran atau hikmah untuk kita , suatu hukum alam atau Sunnatullah bahwa "Tak ada jalan pintas untuk sampai tujuan, menjalani proses adalah suatu keniscayaan

- Sifat manusia sering tidak sabaran, segala hal ingin diwujudkan dengan segera kalau perlu dengan jalan pintas agar segera terwujud. Tak heran KKN (Korupsi, Kolisi, Nepotisme) sangat sulit diberantas karena itu manusialah yang membutuh KKN untuk mewujudkan keinginannya segera.

- Mufasir juga memberi  pelajaran dari perguliran gelap menuju terang bermakna manusia yang berada pada dunia kegelapan bisa berjalan perlahan-lahan menuju dunia yang terang, hijrah terbaik adalah dengan berproses terus berjalan menuju tujuan yang pasti, tidak ujug-ujug berubah tapi cepat juga balik arah kembali. Kesabaran adalah syarat untuk menjalani proses menjadi pribadi yang lebih baik.

- "... dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan."
Salah satu Manfaat Pergantian malam dan siang adalah manusia mempunyai ilmu bilangan tahun-tahun dan perhitungan bulan.

- "Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas". Peredaran matahari dan bulan bisa dihitung untuk penanggalan karena mereka mempunyai orbit dan beredar secara teratur. 

- Hingga lahirlah Ilmu Falak yaitu  ilmu yang mempelajari lintasan benda-benda langit-khususnya bumi, bulan, dan matahari-pada orbitnya masing-masing dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit antara satu dengan lainnya, agar dapat diketahui waktu-waktu di permukaan bumi.

Betapa Allah maha teliti dan sempurna dalam penciptaan mahluknya. Masya Allah


#IinIndar
#tadaburquran
#harike5ramadhan1441h 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GARIS TERMINATOR, APAKAH BENAR NYATA DAN JELAS ?"

Post a Comment