Jadilah ! Maka Jadilah

Menyaksikan peristiwa demi peristiwa yang terjadi, saya mencoba menarik hikmah dan benang merahnya, bahwa tak ada yang kebetulan dalam hidup ini, semua sudah dalam rancangan Ilahi.
Kita simak yu tentang apa itu " KUN FAYAKUN " .
"KUN" adalah titah Allah kapada semesta.
Sedangkan "FAYAKUN" adalah eksekusi semesta atas titahNya. 
Ya, bak domino yang dirangkai tegak berjejer berdekatan, "KUN" adalah saat domino pertama dijatuhkan.
Dan kini "domino pertama" telah Allah jatuhkan. KUN !!!
Maka, marilah kita saksikan bagaimana tarian "domino-domino" berikutnya saling jatuh-menjatuhkan dengan indahnya. FAYAKUN !!!

Kata kun fayakun adalah perkataan Tuhan yang diucapkan ketika Tuhan berkehendak menciptakan sesuatu atau kejadian. Kata kun fayakun tertulis dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 117 :  “Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya:  "Jadilah". Lalu jadilah ia”.

Kun fayakun, diterjemahkan menjadi kata “jadilah”,lalu jadilah ia. Kata jadilah, dalam alam pikiran awan dipersepsikan sebagai bentuk penciptakan tanpa proses. Awam mempersepsikan kata jadilah seperti jin memenuhi permintaan Aladin. Tring...trin...tring. Persepsi semacam ini tidak salah, karena Tuhan bisa berkehendak apa saja dalam menjadikan sesuatu. Tetapi ada persepsi lain yang perlu diketahui awam. Please open your mind!

Kata jadilah, tidak mutlak dipersepsikan sebagai kejadian tanpa proses. Jika dimutlakkan tanpa proses, umat akan terjebak pada pola-pola pikir yang kurang rasional, dan cenderung mistis. Sementara, Al-Qur’an mendandung ajaran-ajaran rasional. Kecenderungan berpikir mistis (tanpa proses), akan berdampak pada sikap-sikap pasrah, kurang kreatif, dan malas. Alhasil umat Islam akan tenggelam dalam kejumudan.

Selain kata “jadilah”, terjemahan turunan dari kata kun fayakun, bisa juga “berproseslah, kerjakanlah, lakukanlah, bergeraklah”. Kun fayakun dilihat dari bentuk katanya adalah kata kerja. 
Maka kata "jadilah" bisa berarti  berproseslah, kerjakanlah, lakukanlah, bergeraklah. Kun fayakun dapat digunakan pada berbagai kejadian.

Kata kun fayakun mengandung logika sebab akibat.
Kata penghubung ‘fa’ sebelum ‘yakun’ adalah bermakna ‘maka’, atau ‘kemudian’ atau ‘lantas’, oleh karena itu menunjukkan adanya sebab akibat yang berarti mengandung proses. Pemahaman saintifiknya, bahwa semua proses penciptakan sesuatu atau kejadian di alam semesta, membutuhkan waktu untuk berubah dari keadaan sebelum tercipta menjadi keadaan setelah tercipta. Meskipun itu hanya berlangsung sepersekian detik, atau berlangsung miliaran tahun.

Jika Allah sudah menghendaki sesuatu terjadi, maka proses menuju terjadinyapun akan berlangsung. Maka saksikanlah. 

#kunfayakun #butirtasbih #imajiin 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadilah ! Maka Jadilah "

Post a Comment