Bagaimana Mendapat Keberkahan Hari Jum’at ?

Hari Jumat merupakan hari yang paling utama dari semua hari dalam sepekan. Dia adalah hari yang penuh barakah. Allah Ta’ala mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummat terdahulu.

Nabi saw. bersabda:“Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi, dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu. “(HR. Muslim)


Oleh karena itulah, Nabi saw sangat mengagungkan, mengistimewakan, serta memuliakan hari jumat di banding hari lainnya. Beliau banyak melakukan berbagai macam ibadah di hari itu. Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang ada di hari jumat di antaranya adalah bersedekah.

Hari Jumat adalah hari dimana sedekah berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda : “Pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat.”
Sedekah pada hari Jum’at lebih baik daripada sedekah di hari lainnya.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.”

Ibnul Qayyim juga mengatakan, “Aku pernah menyaksikan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, semoga Allah menyucikan ruhnya, jika berangkat menunaikan shalat Jum’at membawa apa yang terdapat di rumahnya, baik itu roti atau yang lainnya untuk dia shadaqahkan selama dalam perjalanannya itu secara sembunyi-sembunyi.”

Guru saya Almarhumah Ust.Yoyoh Yusroh pernah berpesan untuk menjadikan budaya memuliakan hari Jumat dan menjadikan hari Jumat sebagai hari istimewa di keluarga. Apa saja yang dilakukan oleh beliau ?

1. Membiasakan dirinya dan anak-anaknya mempersiapkan sejak malam Jumat, mengumpulkan apa yang akan disedekahkan di hari Jumat pagi, bisa berupa uang, makanan, baju dll.

2.Selepas shalat subuh beliau akan mengajak anak-anak mengunjungi orang-orang yang akan diberi sedekah.

3. Mempersiapkan baju terbaik untuk keluarga yang akan digunakan shalat Jumat.

4. Memasakan makanan istimewa untuk keluarga untuk di santap selepas shalat Jumat.

Itulah yang saya ingat dari pesan beliau , semoga Allah merahmatinya. ” Bersedekahlah sepagi mungkin di hari Jumat dan bersiaplah mendapat banyak keberkahan di hari Jumat yang akan membuatmu bertasbih kepada Allah”, pesan beliau.

Semoga pesan belaiu memberi inspirasi kebajikan untuk kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Mendapat Keberkahan Hari Jum’at ?"

Posting Komentar