Apakah Saya Orang Yang Baik ?

BAGAIMANA KITA BISA TAHU BAHWA  KITA ORANG BAIK (MIN AHLI AL-KHAIR)
Rasulullah saw ada ditanya,“Ya Rasulallah tunjukkan kepadaku amal perbuatan yang bila kuamalkan akan masuk syurga.”

Jawab Rasulullah saw, “Jadilah kamu orang yang baik.”

Orang itu bertanya lagi, “Ya Rasulallah, bagaimana akan aku ketahui bahwa aku menjadi orang baik?”
Jawab Rasulullah saw, “Tanyakan kepada tetanggamu, maka bila mereka berkata engkau baik maka engkau benar-benar baik dan bila mereka berkata engkau jahat, maka engkau sebenarnya jahat.”

Dalam riwayat yg lain dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa ada seorang yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,“Bagaimana saya bisa mengetahui, apakah saya orang baik ataukah orang jahat?” beliau menjawab, ”Jika tetanggamu berkomentar kamu orang baik, maka berarti engkau orang baik. Sementara jika mereka berkomentar engkau orang tidak baik, berarti kamu tidak baik. (HR. Ahmad 3808, Ibn Majah 4223 dan dishahihkan Al-Albani)

Yang dimaksud komentar tetangga di sini adalah komentar dari tetangga yang baik, shaleh dan memperhatikan agama. (At-Taisir Syarh Jamius Shaghir, 1/211).

(Iin Muchtadi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Saya Orang Yang Baik ?"

Post a Comment